Alhamdulillah, meskipun terlambat akhirnya bisa merasakan iPad yang “konon” barang mewah dan high class. Setelah mendapat keringanan pembayaran dari salah satu pemasok, iPad kubeli dengan harga 6,5 jt (selisih 600rb dari harga resmi eStore maupun EMAX). Kesan pertama memang agak “surprise” melihat desain body nya yang futuristik, namun setelah dibuka dan diamati lebih lanjut ya memang bagus hehe. Mulailah mencoba download beberapa petunjuk dari youtube ada beberapa video tentang “unpacking new iPad”. Tapi awal dinyalakan, tuh iPad g mau hidup kecuali hanya keluar tanda berupa gambar USB port dan diatasnya ada pic iTunes.
Semula berfikir mungkin harus ditapping tuh iTunes, tetapi beberapa kali sentuh tidak nyala juga (di video g nampak cara menyalakanya). Kemudian analogi kedua mungkin disuruh ngecharge lalu baru ditap iTunes nya. Hasilnya g nyala juga… haha penasaran. Setelah 1,5 jam mencari-cari solusi ternyata harus dicolokkan dengan iTunes di PC maupun di Mac. Nah akhirnya downloadlah iTunes versi terbaru (10.2) dan kemudian saya pasang USB ke iMac di meja kerja.. wusssssssssssssssssshhh akhirnya tuh iPad mulai beroperasi dengan munculnya desktop dengan beberapa icon yang persis seperti di iPhone (meski belum punya iPhones 3GS).
Nah permasalahan muncul kembali ….. BAGAIMANA CARA OPERASINYA. wkwkwk.
Nih iPad hanya bisa buat eMail, browsing, Photo View, Maps, GoogleEarth, Agenda dan buat Contact.
Penasaran berlanjut, piye carane (gimana caranya. red.) buat dokumen, iBook (yg jadi andalannya si Steve Jobs) apalagi buat baca Newspaper.
Masuk hari kedua, pergi ke EMAX di AMPLAZ (Ambarukmo Plaza) Yogya, sekalian beli screen guard, tanya juga bagaimana cara installasi. ternyata semua harus melalui iTunes, lalu diarahkan yang praktis saja dulu yaitu “ndandakke” alias ke jasa installer. Pergilah kami ke iPrims di lower ground Amplaz, dan… GUBRAK.. langsung tembak aja mereka dengan buka harga 300 ribu untuk 60 aplikasi (campuran antara free dan berbayar). Sekalian di Upgrage ke iOS versi yang 4.2 (u. iPad) tambah 50 ribu. AKhirnya bisa membuat file text, presentasi dan spreadsheet dari iPad ku pake DocsToGo standard.
Dari 60 aplikasi itu yg paling sering kupakai
1. Docs to GO
2. iBooks
3. ePDF
4. IMDb
5. IM+ (untuk chating pake Skype dan YM maupun AOL)
6. dan beberapa game perang

Setelah 2 hari mencoba utak-atik sendiri bagaimana cara installnya, akhirnya menemukan jalan yang mungkin dirasakan juga bagi pemakai iPad baru:
1. harus punya Apple ID
2. harus punya iTunes ID
3. Harus punya Credit Card (Visa / Master Card)
4. sudah ada iTunes terbaru di Macbook, iMac atau PC Windows
5. tambahan –> jadilah member di forum Mac Web Id

4 hal itu dulu yang mungkin harus dipersiapkan sebelum mencoba instalasi aplikasi di iPad.

….Bersambung ke Part.2